Kamis, 12 April 2012

HURU - HA - RAEGO (konsep musikal)

HURU-HA-RAEGO
Komposer : Izat Gunawan


I
Pada Bagian awalnya garapan ini ingin menunjukan luapan,letupan,dentuman,gesekan,serta pikiran pikiran dangkal yang saling berhantam-hantaman melalui prosesi bunyi dan benda-benda.
Sampai kemudian semua kita tersadar bahwa Tanah dan tetumbuhan diatasnya sungguh telah mengajarkan dengan sangat sabar persoalan harmoni, kebersamaan serta kearifan.





II
Syair syair Raego dalam ritual Vunja / panen suku kaili banyak mengandung ungkapan yang mempunyai muatan dan penghargaan terhadap alam beserta isinya. Seiring dengan hal itu aristoteles menyeimbangkannya dengan ungkapan bahwa musik adalah sesuatu yang mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah,mempunyai terapi rekreatif,dan menumbuhkan jiwa patriotisme.
Garapan ini kemudian berusaha menyerap spirit dalam belajar menjaga keberlangsungan hidup antar sesama manusia melalui alam raya dimana terdapat juga bagian Simbol-simbol yang diwujudkan kedalam kutukan terhadap tindakan-tindakan manusia yang merusak tata ritmik antara manusia dan lingkungannya .
Dari semua itu akhirnya menciptakan bunyi-bunyi yang mengandung makna bahwa manusia harus peduli terhadap proses mewujudkan keseimbangan dan kedamaian hidup.

HURU - HA - RAEGO, COMING ON SEPTEMBER 2012 @ SIGI (Dolo & Tanambulava)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar